close
Tekno Blog

Ketika Bank Mandiri Menggabungkan Tiga Layanan Perbankan

mandiri online

Layanan perbankan di era modern, internet dan digital ini, bukan hanya layanan di Anjungan Tunai Mandiri, atau ATM, maupun di kantor Bank. Kemajuan teknologi membuat layanan perbankan hadir dengan layanan phone banking, mobile banking dan internet banking.

Ketiga layanan tersebut, sudah menjadi bagian yang sangat penting dari layanan perbankan terutama transaksi keuangan seperti transfer mentransfer, pembayaran berbagai macam tagihan hingga transaksi belanja online.

Namun sayangnya, ketiga layanan perbankan tersebut, masih terpisah-pisah. Kita harus memiliki username atau ID hingga password atau passkey sendiri-sendiri di mobile banking, meskipun kita bisa menyamakannya.

Belum lagi untuk internet banking, kita harus menggunakan token sebagai akses. Jadi kita harus membawa-bawa alat token ini.

Bank Mandiri sepertinya menyadari hal tersebut. Apalagi generasi millenial sekarang ini, tidak mau ribet. Yang simpel atau mudah saja. Tanggal 21 Maret 2017, beberapa hari lalu, Bank Mandiri akhirnya meluncurkan sebuah aplikasi layanan perbankan yang diberi nama Mandiri Online.

Dengan layanan perbankan Mandiri Online, Bank Mandiri menawarkan layanan perbankan berbasis teknologi informasi terkini yang memberikan banyak kemudahan dalam memperoleh informasi tentang seluruh produk perbankan sekaligus melakukan aktivitas transaksi keuangan.‎

‎‎Mandiri Online, menurut Senior EVP Chief Technology Officer Bank Mandiri Joseph Georgino Godong merupakan layanan perbankan online pertama yang bisa diakses sebagai portal dan aplikasi dengan fitur keamanan yang memanfaatkan metode otentikasi terbaru. “Satu akses untuk Mandiri Online Web dan Mandiri Online App,” kata Georgi.

Kelebihan pertama, dari lima kelebihan Mandiri Online ini adalah single access. Meskipun akses bisa melalui portal maupun aplikasi, hanya butuh satu username dan satu password. Kita tidak perlu punya tiga username, atau tiga access name dan password.

Fitur yang dimiliki oleh Mandiri Online ini yang bisa diakses lewat dashboardnya adalah pengguna bisa mengetahui semua produk yang dimiliki seperti tabungan, tabungan rencana, deposito, kartu kredit dan pinjaman, dengan mudah.

Yang gokilnya lagi adalah, kita bisa mengisi kartu e-money melalui ponsel kita, jika ponsel kita memiiliki fitur NFC atau Near Field Communication. Tinggal tempel kartu e-money ke ponsel, kita bisa mengisi e-money kita kapan saja dan di mana saja.

Untuk transaksi online, seperti transfer, belanja online di merchant atau market place juga komplit di aplikasi ini. Ada juga satu layanan yang menurut Georgi ditunggu-tunggu oleh nasabah Mandiri.

Fitur tersebut adalah informasi transaksi tagihan kartu kredit terkini.‎Berbagai informasi marketing dan promosi menarik dari Bank Mandiri juga dapat diperoleh di genggaman nasabah melalui aplikasi ini, seperti informasi diskon merchant, saldo fiestapoin dan info lainnya yang akan lebih bersifat personal sesuai keinginan nasabah.

Seperti yang saya ungkapkan di atas tadi, untuk urusan transaksi lewat internet, kita juga harus membawa access token. Tapi dengan layanan Mandiri Online ini, kita bisa  bisa memilih untuk approval memakai alat token‎ atau via aplikasi (mobile approval). Kalau saya sih sudah pasti akan memilih pakai mobile approval saja.Lebih mudah.

Kalau misalnya kita malas ketuk atau tap layar ponsel untuk semisal mengetahui saldo tabungan atau rekening kita, kita juga bisa memanfaatkan layanan phone banking melalui aplikasi ini. Mesin penjawab akan langsung memberikan informasi jumlah tabungan atau saldo kita.

Dengan sejumlah kelebihan ini, dan digabungkan menjadi satu aplikasi yang bisa diakses melalui portal ataupun aplikasi di ponsel, tentunya nasabah akan semakin dipermudah. Apalagi nasabah belakangan ini sudah lebih suka bertransaksi secara online dibandingkan harus datang ke Bank atau ke ATM.

Jadi, tunggu apa lagi? Kalau sudah jadi nasabah bank mandiri, bisa gunakan layanan ini, dan kalau belum jadi Nasabah, tinggal buka rekening, dan manfaatkan layanan ini.

tulisan ini disumbangkan untuk menjadi artikel di jadimandiri.org

Tommy

The author Tommy

Leave a Response