close
Opini Gue

Revolusi Mental Traveller Juga Perlu!

terumbu karang raja ampat yang dicoret

Revolusi Mental? Hmmm…. Iya Revolusi mental ini memang tengah digaung-gaungkan di seantero nusantara. Mengapa perlu revolusi mental? Seperti yang saya kutip dari situs revolusi mental, berdasar survei internasional untuk hal yang baik, angka untuk Indonesia cenderung rendah. Sebaliknya, untuk hal yang buruk cenderung tinggi.

Wah menarik dong ini! Memang kita perlu revolusi mental. Nah berdasar situs ini, revolusi mental haruslah dilakukan lintas sektoral. Berarti bukan cuma satu sektor saja bukan. Okeh, sebagai salah satu sektor, tentunya pariwisata. Nah sebagai traveller atau orang yang suka bepergian, tentu kita harus merevolusi mental traveller kita.

Apa yang perlu direvolusi? Mental seorang traveller tidak boleh manja dan harus benar-benar jadi mandiri. Tidak boleh bergantung kepada orang lain, kalau perlu travelling sendirian saja! Why not! Sebagai traveller juga yang perlu direvolusi mental adalah kita harus menjaga tempat yang menjadi tujuan kita. Jangan sampai kejadian di raja ampat dimana wisatawan atau traveler merusak terumbu karang dengan menulis nama di terumbu karang. Jangan buang sampah sembarangan di lokasi wisata juga bagian dari revolusi mental kita. Tidak salah kan kalau kita merevolusi mental kita sendiri dan menginspirasi orang untuk merevolusi mental mereka?

Tommy

The author Tommy

Leave a Response